Profil UKM SR

Profil UKM Seni Religius

  1. Sejarah Berdirinya UKM Seni Religius

Seni Religius merupakan salah satu Organisasi Mahasiswa Intra Kampus (OMIK) yang berada di lembaga Universitas Ialam Negeri (UIN) Malang. Organisasi ini didirikan untuk mewadahi aspirasi, minat dan bakat mahasiswa dalam wilayah Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).

Seni Religius adalah salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa yang berada di UIN Malang. Didirikan pada tanggal 14 April 2000 yang bertujuan untuk mewadahi aspirasi, minat dan bakat mahasiswa khususnya dalam bidang seni religi. Disamping pengembangan minat dan bakat, juga pengelolaan keorganisasian agar mahasiswa tidak canggung dalam menghadapi masyarakat nantinya.

Gambus, Shalawat, Qosidah, Kaligrafi dan Qiro’ah adalah divisi-divisi yang selama ini menjadi tempat pengembangan kreatifitas anggota UKM Seni Religius dalam menyalurkan minat dan bakatnya.

Sejarah berdirinya organisasi ini berawal dari hasil pemikiran mahasiswa-mahasiswa yang ingin mewadahi minat dan bakat dalam bidang seni Islami, sehingga inisiatif ini sampai pada pendirian sebuah organisasi yang bercetak seni Islami.

Berikut ini adalah kronologis terbentuknya organisasi Seni Religius, yaitu:

  1. Konsolidasi dengan PRESMA (Presidium Mahasiswa) pada periode 1999-2000 yang menghasilkan kesepakatan mengenai organisasi ini.

  2. Pada tanggal 11 April 2000 adalah Rapat Pemilihan Pengurus.

  3. Pada tanggal 14 April 2000 adalah terjadinya kesepakatan berdirinya organisasi ini.

  4. Pada tanggal 18 April 2000 adalah turunnya SK (Surat Keputusan) Pengurus dari PRESMA, dimana pada awal organisasi ini bernama ”Musik Religius.”

  1. Visi dan Misi UKM Seni Religius

Visi UKM Seni Religius:

  1. Menjadi UKM yang kompetitif dan komparatif di dunia seni yang bersifat Islami dalam melakukan pendidikan, pengajaran, pelatihan dan pengabdian di masyarakat.

  2. Menjadi UKM yang dibangun atas dasar komitmen yang tinggi dan kokoh dalam upaya mengembangkan organisasi.

  3. Menjadi pelopor perubahan dalam pengembangan organisasi dan seni.

  4. Menjadi pusat pengembangan seni Islami yang bermanfaat bagi masyarakat luas.

Misi UKM Seni Religius:

  1. Mengantarkan anggota agar memiliki keahlian, kemampuan, keluasan pengetahuan tentang seni serta profesional dalam melaksanakan tugas.

  2. Mengembangkan ilmu pengetahuan khususnya dalam bidang organisasi dan seni religi.

  3. Memberikan teladan dalam kehidupan atas dasar nilai-nilai Islami dan budaya luhur.

  4. Membina dan mengembangkan anggota UKM Seni Religius dalam upaya pemantapan pengembangan yang berhubungan dengan kesenian Islami dan kegiatan sosial.

  5. Pembinaan anggota yang diharapkan menjadi sarjana siap pakai yang bermoral dan disiplin.

  6. Menampung dan menyalurkan aspirasi, kreasi dan aktifitas anggota UKM Seni Religius.

  7. Kaderisasi khususnya anggota UKM Seni Religius yang tangguh, kreatif, dedikatif, disiplin serta tanggung jawab.

  1. Dasar dan Asas UKM Seni Religius

Dalam menyusun, menjalankan dan program UKM Seni Religius berpijak pada dasar Pancasila dan UUD 1945, berazaskan Kekeluargaan yang bersifat ilmiah, sosial, keagamaan serta terbebas dari Organisasi Politik Praktis.

  1. Sifat

  1. Religius: Kegiatan pengembangan dan penerapan seni yang religi.

  2. Artistik: Kegiatan yang berorientasi pada pengembangan minat dan bakat kesenian anggota.

  3. Ilmiah: Kegiatan pengembangan kesenian dengan menggunakan daya nalar untuk kepentingan keagamaan.

  4. Sosial: Kegiatan yang berorientasi pada pengabdian masyarakat.

  5. Demokratis: Kegiatan dalam pengambilan keputusan dalam menyelesaikan masalah.

  1. Tujuan

  1. Membentuk mahasiswa menjadi insan yang bertaqwa kepada Allah SWT.

  2. Mempererat tali persaudaraan.

  3. Melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

  4. Membentuk kader-kader pemimpin yang berwawasan keagamaan serta kreatif dan dinamis.

  1. Usaha

  1. Mendorong dan menanamkan kesadaran pada anggota khususnya dan masyarakat pada umumnya untuk mencintai agama, bangsa dan negara.

  2. Menanamkan kesadaran pada anggota UKM Seni Religius khususnya dan masyarakat pada umumnya untuk peduli akan seni.

  1. Keanggotaan

Terdiri dari:

  1. Anggota Muda adalah peserta yang dinyatakan lulus Diklat UKM Seni Religius.

  2. Anggota Biasa adalah anggota muda yang aktif dalam kegiatan UKM Seni Religius, juga yang telah menyumbangkan prestasi bagi UKM Seni Religius serta berperan aktif dalam satu periode.

  3. Anggota Kehormatan adalah anggota yang telah selesai studinya di UIN Malang.

  4. Anggota Luar Biasa adalah anggota yang tidak dapat menyelesaikan studinya di UIN Malang.

  1. Fasilitas

Untuk memenuhi kebutuhan anggota dalam mengembangkan minat dan bakat khususnya dalam seni Islami UKM Seni Religius terutama pengurus berupaya semaksimal mungkin untuk melengkapi fasilitas/ perlengkapan, diantaranya:

  1. Kantor sebagai pusat kegiatan keorganisasian.

  2. Studio sebagai wadah pengembangan minat dan bakat.

  3. Galeri khot sebagai wadah pengembangan di bidang kaligrafi.

  4. Perlengkapan alat musik, alat tulis khot dan referensi qiro’ah.

  5. Perpustakaan.

  6. Pelatih.

About these ads

17 Komentar

  1. Rie said,

    27 April 2009 at 3:29 am

    lumayan tapi perlu ditingkatkan…..

    • ahmad saifuddin (ase) said,

      15 Juni 2009 at 5:46 am

      kalo pingin lihat foto teman2 dari angkatan 2001 bisa nggak? gimana caranya

      • admin said,

        29 Agustus 2009 at 10:30 pm

        untuk angkatan 2001, kemkungkinan akan sangat sulit mencari fotonya berupa file. tapi akan kami usahakan. sabar nggih…

  2. ahmad saifuddin (ase) said,

    15 Juni 2009 at 5:54 am

    salam buat teman2 ya.
    awing,ahmed, bahruddin, misbah, junaidi, hamim, amin madura, zamroni, zamhari, fitri bul2, FITRI TANTE,bil-bil, karim, dan semua yang pernah bersenda gurau bersamaku khususnya, dan semua anggota baik yang ku kenal atau yang tidak aku kenal.

  3. Phie said,

    19 Juli 2009 at 2:50 pm

    Alhamdulilah SR makin OK aja,mg trus meningkat prestasinya.slm buat semua anggota,khususnya angkatan02,aq kangen kalian semua.nyesel dl g rajin ke UKM,skrg dah jauh jd g memungkinkan.
    Slm jg to mas ASE (namanya blm ganti ya mas?)
    ni Fitri CP,msh ingt g?

    • ukmsenireligius said,

      22 Agustus 2009 at 9:24 am

      alhamdulillah terimakasih comment-nya. kritik dan saran selalu kami nantikan demi meningkatkan prestasi yang lebih tinggi lagi. InsyaAllah salam akan disampaikan mbak!
      (senireligius@yahoo.com)

  4. Agus Setiyawan said,

    19 Agustus 2009 at 4:29 pm

    PROPOSAL
    I. Thema :
    Peningkatan Penjualan Hasil Produksi UKM Dengan Menggunakan Fasilitas INTERNET MARKETING
    II. Judul :
    Pemasaran Dengan Internet Untuk Branding serta Segmented Produk UKM
    III. Latar Belakang :
    1. Adanya kendala biaya pemasaran yang tinggi tidak sebanding dengan keuntungan produksi.
    2. Belum tahunya manfaat internet yang memang benar benar bisa menembus dunia maya sampai tak terhingga.
    3. Tidak seimbangnya laju teknologi dengan tingkat pengetahuan yang dimiliki.
    4. Tidak adanya wadah untuk melakukan strategi pemasaran yang jitu dan bisa reduce cost.
    5. Mulai bertumbuhnya hotspot area, warnet dan tingkat penjualan komputer dan laptop di Indoensia yang sudah tembus 50.000.000 buah.
    6. Kecenderungan pasar yang menginginkan semuanya serba cepat.
    IV. Tujuan :
    1. Memasarkan produk UKM untuk diketahui oleh seluruh masyarakat Indonesia
    2. Melakukan strategi branding produk dengan metode display, brosur dan iklan, yang nantinya penggunaan biaya sangat kecil (Reduce Cost). Karena pengeluarannya hanya biaya internet saja, yang lainnya gratis.
    3. Melakukan strategi segmented dan targeted sehingga penjualan produk sesuai dengan pasar yang diinginkan, hanya dengan fasilitas internet saja.
    4. Memperkenalkan produk UKM ke luar negeri dengan teknik yang sederhana namun bisa diketahui oleh seluruh negara luar.
    5. Mengajari bertransaksi di internet untuk bisa closing.
    6. Peningkatan jumlah produksi dari hasil penjualan di internet.
    7. Gairah perekonomian UKM bisa berjalan.
    V. Strategi :
    1. Penjelasan dasar tentang manfaat internet yang begitu dahsyatnya.
    2. Cara penggunaan internet yang baik dan benar serta bijak sehingga bisa fokus pada penjualan.
    3. Pelaksanaan dibagi dalam tingkat beginner, intermediate dan expert, sehingga bisa menyesuaikan kemampuan masing masing UKM didalam memasarkan produknya.
    4. Secara berkala memberikan konsultasi terhadap permasalahan dari pemasaran via internet via online.
    VI. Contoh Solusi :
    1. Kawasan Industri Tas Gadukan – Surabaya
    a. Pertama adalah memperkenalkan didunia maya jika selain Tanggulangin ada Gadukan yang juga penghasil tas.
    b. Menjelaskan item produk serta kelebihan produk dibandingkan dengan hasil produksi daerah lain.
    c. Melakukan dan mempersiapkan brosur dengan teknis yang sederhana baik dalam bentuk foto atau video, namun bisa disajikan di internet sehingga calon pembeli bisa secepatnya mengetahui produk yang ada.
    d. Mempelajari cara termurah didalam pengiriman namun tetap aman dan cepat.
    2. Kawasan Industri Kripik Kedelai – Sidoarjo
    a. Pembuatan contoh atau sample rasa yang bisa dikirimkan ke seluruh peminat di internet dengan teknik promo yang murah meriah.
    b. Mempersiapkan kemasan dan cara pengiriman yang aman, sehingga kwalitas masi tetap terjamin.
    c. Memperkenalkan ke semua penjual seantero Nusantara dengan menggunakan teknologi internet.
    VII. Target :
    1. Para UKM melek akan dunia internet dan manfaat yang begitu dahsyatnya.
    2. Memperkenalkan produk ke luar daerah tanpa harus keluar daerah.
    3. Peningkatan produksi UKM sehingga bisa memutar perekonomian.
    VIII. Kesimpulan :
    1. Perlu adanya edukasi dalam 3 tahap untuk tepat sasaran.
    2. Perlunya suatu wadah konsultasi jika terjadi permasalahan.
    Demikian proposal ini kami sampaikan, semoga antara keinginan, tujuan dan kemauan untuk membangun bisa diberikan jalan bagi kelancaran didalam mencapai target.

    Hormat kami,

    Agus Setiyawan (Internet Marketer Income JUTAAN Modal GRATISAN)
    http://piranhamas.wordpress.com, piranhamasgroup@gmail.com

    • ukmsenireligius said,

      22 Agustus 2009 at 9:20 am

      mungkin banyak yang salah faham. UKM seni religius bukanlah kependekan dari “Usaha Kecil Menengah” tapi “Unit Kegiatan Mahasiswa”.
      terimakasih banyak atas infonya. insyaAllah bermanfaat!

  5. hijjjjj said,

    22 Agustus 2009 at 4:15 am

    ntar sore buka bareng di UKM zow…..

  6. ulya' said,

    22 Agustus 2009 at 4:17 am

    kapan nich qt bisa refreshing bareng??????????

    • ukmsenireligius said,

      22 Agustus 2009 at 9:18 am

      InsyaAllah sore ini kita bisa berbuka puasa perdana bersama keluarga besar Seni Religius. Selamat menunaikan Ibadah Puasa!

    • isyrof said,

      29 November 2009 at 2:22 am

      kenapa hatiq sedih mendengar kata refreshing, yang harusnya bikin qta tersenyum gembira.

  7. bahrul 09 said,

    3 September 2009 at 10:15 am

    assalamualaikum
    innalillah…
    saya turut berduka atas meninggalnya temen kita,satu hal yang perlu temen2 ketahui jangan merasa puas untuk hasil prestasi saat ini.menciptakan prestasi sangatlah mudah…tapi mempertahankan prestasi di perlukan komitment yang tinggi…

  8. ragiel said,

    11 September 2009 at 1:23 am

    jiwaku adalah seni
    dengan seni aku berkarya dan berda’wah

    jiwaku adalah seni?

    seni?

    karya?

    da’wah?

  9. muhajir said,

    16 Oktober 2009 at 10:34 pm

    semangat……..!
    insyaAllah ada kemudahan dalam menjalankan kegiatan.
    ngapunten ingkang katah,,hanya dapat memberikan dukungan dengan Do’a

  10. udin said,

    3 November 2009 at 3:25 pm

    bagus banget… ana tertarik dengan visi dan misi UKM Seni Religius ini… terus tingkatkan….

  11. zaenal said,

    23 November 2011 at 10:28 am

    angkatan VIII kemarin DIKLATnya heboh di MAFA tulung..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: